NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Isu Tsunami Warga Bungku Timur Pilih Mengungsi

Metro Sulawesi Senin, 15 /08/ 2016 10:09:38 74190 Pembaca  

Ria bersama warga lainnya mengungsi di Beteleme, / Foto: Andi Baso Heri
Ria bersama warga lainnya mengungsi di Beteleme, / Foto: Andi Baso Heri

MOROWALI - Ribuan warga di Desa Bahomotefe  Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah mengungsi ke wilayah pegunungan yang ada di wilayah itu karena isu akan terjadinya gempa yang disusul bencana Tsunami.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari lokasi kejadian di Morowali, ribuan warga mengungsi mencari tempat aman menjauh dari wilayah pesisir.

Gelombang pengungsian pun berlangsung sejak Minggu dan masih berlangsung hingga Senin, 15 Agustus 2016.

Ria, salah seorang warga mengatakan, warga di Bahomotefe yang letaknya berada di wilayah pesisir pantai Kabupaten Morowali mengungsi dengan membawa serta barang berharga mereka sejak tiga hari lalu.

"Para warga yang mengungsi mengkhawatirkan jika benar benar gempa terjadi sehingga mereka tidak mau lagi kembali ke rumahnya karena takut gempa yang diikuti tsunami benar benar akan terjadi," katanya.

Ria juga sebelumnya bersama kedua anaknya meninggalkan tempat tinggal mereka di bahomotefe dan mengungsi di Beteleme,di Morowali Utara

"Sejak Minggu kemarin, saya dengan anak-anak mengungsi ke rumah keluarga di Beteleme Kabupaten Morowali Utara. Karena di Bahomotefe tempat saya diisukan akan terjadi bencana tsunami," ujarnya.

Tak jelas siapa yang menyebarkan isu tersebut. Informasi gempa di wilayah ini juga tidak tercatat. Di Kabupaten Morowali, diketahui memang kerap terjadi gempa bumi. Isu tsunami juga kerap beredar meski dilaporkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika setempat juga telah membantah ada isu tsunami di wilayah itu. “Kami sampaikan bahwa isu terjadi Tsunami di Morowali dan sekitarnya itu adalah tidak benar. Diimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk melaksanakan aktivitas seperti biasa," kata Petrus Demon Sili, Kepala Stasiun BMKG Palu.

SF.

 


 
BERITA TERKINI

#HEADLINE


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan