NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Peristiwa

Jaksa Tidak Hadir, Praperadilan Rustandi Sahido Ditunda

Selasa, 14 /06/ 2016 23:36:28 9296 Pembaca  

Nasrun Hipan, SH. MH
Nasrun Hipan, SH. MH

TRANSS, Luwuk - Tim jaksa Kejaksaan Negeri Luwuk (Kejari) Cabang Bunta tak menghadiri sidang gugatan praperadilan yang dimohonkan Rustandi Sahido, S.Sos, tersangka korupsi APBD Tahun 2015, di Pengadilan Negeri (PN) Luwuk pada Selasa, 14 Juni 2016. Sidang akhirnya ditunda dan dilanjutkan pekan depan.

Nasrun Hipan, SH selaku kuasa hukum tersangka Rustandi Sahido Camat Bunta, melakukan praperadilan di Pengadilan Negeri Luwuk kepada pihak kejaksaan negeri luwuk cabang di bunta.

Nasrun menilai, penahanan kliennya sama sekali menyalahi aturan dan belum memiliki unsur yang cukup untuk melakukan penahanan. “Kami anggap belum memenuhi unsur,” tegasnya.

Ditambahkannya pula, proses penahanan dan pencidukan oleh pihak kejaksaan negeri cabang yang di pimpin Dodi Silalahi, SH.MH , nilai Nasrun tidak pula memenuhi perosedur. “ Sangat tidak prosedural,” katanya.

Akibat ketidak hadiran Dodi Silalahi memenuhi panggilan pengadilan, pihak kuasa hukum  Rustandi Sahido, menganggap tidak ada itikad baik dari yang bersangkutan.

Protes Penahanan Rustandi Sahido

Memahami profil tersangka, Rustandi Sahido, S.Sos, MSi. adalah kepala wilayah kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Ia ditahan dengan sanggkaan korupsi  penyalahgunaan dana APBD Tahun 2015. Penahanan pun menempatkan Aparatur Sipil ini di Lapas kelas II A Palu.

Sejak itu, rencana Pra Peradilan langsung di siapkan pihak kuasa hukum, bahkan kerabat tersangka, Suhartono Sahido lebih dulu merilis protesnya pada media lokal setempat,

Menurut Suhartono, Penahanan Rustandi sudah mengabaikan prosedur, sebagaimana diamanatkan dalam kitab undang-undang hukum acara pidana (KUHAP).

Suhartono bekas Panwaslu Banggai, pada kesempatan itu menyarankan Bagian Hukum Pemda Banggai bisa melakukan upaya hukum praperadilan, terhadap Apatur Sipil Negara (ASN) yang diperlakukan sewenang-wenang. (AB)

 

 

Komentar

#HEADLINE

Uniknya Proses Penyelamatan Hiu Tutul di Sombori
BERITA TERKINI
BERITA PILIHAN

Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan