NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Travel

Jatuh Cinta Pada Kecantikan Tanjung Oyama Desa Lokotoy

Rabu, 25 /05/ 2016 12:30:58 25339 Pembaca  

Di Desa Lokotoy terdapat sebuah areal wisata pantai yang berpasir putih yang masyarakat sering menyebutnya dengan nama Tanjung Oyama.
Di Desa Lokotoy terdapat sebuah areal wisata pantai yang berpasir putih yang masyarakat sering menyebutnya dengan nama Tanjung Oyama.

Banggai Laut - Hampir seluruh pulau yang ada di Indonesia memiliki panorama yang begitu memukau, salah satunya berada di Pulau Banggai yang merupakan wilayah administarsi Kabupaten Banggai Laut Provinsi Sulawesi Tengah. Hal ini bisa kita lihat salah satunya yakni di Desa Lokotoy Kecamatan Banggai Utara Kabupaten Banggai Laut.

Di Desa Lokotoy terdapat sebuah areal wisata pantai yang berpasir putih yang masyarakat sering menyebutnya dengan nama Tanjung Oyama.

Konon katanya pemberian nama Tanjung Oyama ini diambil dari nama seorang warga negara Jepang yang membangun sebuah rumah atau villa di tempat itu. Saat itu masih berdiri sebuah perusahaan budidaya mutiara di Desa Lokotoy. Sehingganya masyarakat sering dan bahkan sampai sekarang manyabut tempat ini dengan nama Tanjung Oyama. Meskipun sesungguhnya tempat ini memiliki nama lain yakni Batu Montilalu.

Berjarak ± 1 Km dari Desa Lokotoy dan bisa di tempuh dengan melewati jalur Laut dengan waktu ± 15 Menit, tempat ini memberikan rasa kepuasan tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Betapa tidak di Tanjung Oyama ini kita dimanjakan dengan keindahan laut yang begitu memukau dan bersih, dan pasirnya yang berwarna putih. Di sana kita dapat memandang pulau -pulau kecil dan keindahan hutan mangrove yang masih terjaga kelestariannya.

Begitu eksotisnya tempat ini membuat beberapa kalangan seperti pejabat Pemerintah Kabupaten Banggai Laut, Pemerintah Kecamatan, beberapa turis mancanegara bahkan masyarakat setempat sering melakukan kunjungan wisata ke Tanjung Oyama ini.

Pemerintah meresponnya dengan mendirikan fasilitas-fasilitas penunjang karena sekarang baru sebuah villa yang ada di tempat ini. Tanjung Oyama sebenarnya tidak kalah bersaing dengan tempat – tempat wisata lainnya yang sudah mendunia karena jika dari pengamatan tempat ini bahkan lebih luar biasa. Hanya saja promosi dan fasilitas penunjang yang belum terlalu memadailah yang membuat para turis baik lokal maupun mancanegara enggan untuk berkunjung.

Harapan akhirnya adalah semoga kita dapat menjaga keindahan ciptaan tuhan ini agar tidak rusak di tangan kita.

Tanjung Oyama hanyalah satu dari keindahan alam di Desa Lokotoy Kecamatan Banggai Utara Kabupaten Banggai Laut karena ternyata masih ada beberapa tempat yang hampir sama bahkan lebih luar biasa dari tempat ini seperti Pasir Panjang, Togong Besar dan Togong Kecil.

Citizen : Ardi A. Kaudis

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan