NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Metro Sulawesi

Dari Parimo, Menteri Desa Sebut Pembentukan Bumdes Lebihi Target

Senin, 23 /05/ 2016 14:07:46 6020 Pembaca  

Marwan Jafar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT)
Marwan Jafar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT)

Parigi Mutong - Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian Desa) secara konsisten mendorong pengembangan ekonomi lokal. Salah satu caranya, melalui pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Hal itu diungkapkan Menteri Desa, Marwan Jafar saat pengukuhan pengurus 278 Bumdes di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Minggu (22/5).

Menteri Desa, Marwan Jafar, mengatakan, Bumdes merupakan salah satu pilar ekonomi yang bertujuan untuk mendorong kemandirian ekonomi desa.

"Dengan kata lain, jika desa-desa di Kabupaten Parigi Moutong dapat mandiri secara ekonomi maka hal tersebut akan berdampak pada peningkatan perekonomian daerah sebagai sebuah hasil akumulasi," ujar Marwan

Melalui pembentukan Bumdes, kata Marwan, pihaknya berharap akan muncul semangat masyarakat dalam membangun perekonomian desa untuk terus berkembang. Saat ini, imbuhnya, jumlah BUMDes berkembang pesat, yakni sebanyak 12.115 Bumdes atau bertambah 12 kali lipat dibandingkan tahun 2014 yang hanya mencapai 1.022 Bumdes.

Berkembangnya Bumdes, papar Marwan, tidak terlepas dari kontribusi Dana Desa Tahun 2015 sebagaimana tertera dalam Peraturan Menteri Desa PDT dan Transmigrasi No. 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2015 pasal 9 bahwa salah satu prioritas dalam pemanfaatan dana desa adalah pendirian dan pengembangan Bumdes.

"Diawal, saya hanya menargetkan membentuk 5000 Bumdes. Namun, seiring berjalannya waktu, pembentukan Bumdes sudah melebihi target," ungkapnya.

Menurut Marwan, keberadaan Bumdes akan mampu menjadi sarana penyerapan tenaga kerja di desa, peningkatan kreativitas masyarakat desa, dan membuka peluang usaha ekonomi produktif di desa. Dengan demikian, BUMDes akan hadir menjadi tulang punggung perekonomian desa dalam rangka mewujudkan kemandirian desa dan mencapai cita-cita pembangunan, yakni peningkatan kesejahteraan warganya.

"Melihat pentingnya keberadaan Bumdes dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi desa tersebut, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi menargetkan akan terbentuk 15.000 BUMDes pada tahun 2016," tandasnya.

SF/FA

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan