NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Fokus

Lania Laosa Bakal Dapat Aturan Main Terbaru di Pilkada 2017

Senin, 25 /04/ 2016 09:25:51 14003 Pembaca  

Drs.Lania Laosa
Drs.Lania Laosa

TRANSS - Berbeda dari pelaksanaan pilkada sebelumnya di Tahun 2015, kali ini tidak hanya PNS, TNI, Polri dan DPR/DPRD saja yang mundur dari jabatannya apabila ditetapkan sebagai calon kepala daerah. Namun, aturan main itu bakal berlaku bagi calon kepala daerah petahana.

Hal ini tentu akan terjadi pada Pilkada 2017, Misalnya Kabupaten  Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Drs.Lania Laosa sebagai calon petahana di pastikan akan medapat jatah aturan main terbaru, seperti yang di usulkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, baru baru ini.

Menurut Mendagri, selama ini calon kepala daerah yang akan maju sebagai petahana hanya diperbolehkan mengambil cuti kampanye. Menurutnya, hal itu tidak adil.

"DPR, DPRD dan lain-lainnya harus berhenti, ya saya kira petahana juga harus berhenti," ujar Tjahjo saat ditemui di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri, Jakarta Selatan, Jumat (22/4).

Selama ini, calon kepala daerah yang akan maju sebagai petahana hanya diperbolehkan mengambil cuti kampanye. Menurut Tjahjo, hal itu tidak adil.

Lagipula, ia mengklaim, aturan calon kepala daerah petahana yang hanya diperbolehkan untuk mengambil cuti kampanye, rentan digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Oleh sebab itu, pemerintah mendorong agar aturan itu turut dibahas dalam revisi UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilgub, Bupati dan Wali Kota.

"Nanti akan kami bahas dengan pimpinan di DPR. Kami juga akan mengundang Menteri Hukum dan HAM (Yasonna Laoly) untuk sama-sama kita carikan jalan keluar yang terbaik," ujar Tjahjo.

Penerapan baru yang di usul Tjahjo menyusul kerja Pemerintah dan DPR yang tengah mengebut pembahasan revisi UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilgub, Bupati dan Wali Kota. UU itu akan dijadikan payung hukum penyelenggaraan Pilkada serentak 2017.

BACA JUGA : Pasangan Normal-Santun Optimis. Pilih Jalur Independen di Pilkada Bangkep

Selain Banggai Kepulauan, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, memastikan siap melaksanakan tahapan pemilihan kepala daerah serentak tahap II yang akan digelar 2017

Laporan        :  Saiful Yamin, Al Farisi (Kontributor Transs di Jakarta)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan