NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Metro Sulawesi

Kabupaten Parigi Moutong Ingin Optimalkan Pariwisata Pantai

Sabtu, 23 /04/ 2016 02:27:23 5057 Pembaca  

The Beauty of Parigi Moutong’s Underwater Scenery (Photo: facebook.com
The Beauty of Parigi Moutong’s Underwater Scenery (Photo: facebook.com

TRANSS, Parigi Moutong - Belum genap setahun lalu, tepatnya September 2015, digelar Sail Tomini di tepi Pantai Kayu Bura, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Kini, April 2016, Kabupaten Parigi Moutong menggelar serangkaian acara peringatan ulang tahun ke-14 mereka di lokasi yang sama.

Serangkaian acara yang diadakan antara lain  lomba olahraga, seni, hingga pembukaan stand-stand oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di kabupaten yang berbatasan dengan Kota Palu ini.

"Stand-stand itu untuk menunjukkan program mereka kepada warga. Harapannya melalui serangkaian acara di ulang tahun ke-14 ini kita bisa menyampaikan kepada masyarakat apa visi misi kita," ujar Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu di tepi Pantai Kayu Bura, Sulawesi Tengah, Rabu (20/4/2016) malam.

Beberapa SKPD yang terlihat membuka stand antara lain Badan Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Daerah, Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Perindustrian dan Perdaganga, dan lain-lain.

Samsurizal mengatakan, banyak potensi di kabupaten Parigi Moutong yang masih bisa dikembangkan. Terutama yaitu terkait potensi wisata pantai yang memang telah dikenal ke luar daerah.

"Saya ingin mengembangkan sistem homestay di Parigi Moutong ini. Kalau misal hotel seperti itu, dibangun oleh orang Jakarta dan uang mengalir ke Jakarta. Sistem homestay akan membuat uang mengalir ke warga Parigi Moutong lagi," jelas bupati yang menjabat sejak 2008 itu.

"Sekarang sudah mulai jalan. Kita akan terus kembangkan," lanjutnya.

Perayaan ulang tahun Parigi Moutong ini juga bersamaan dengan digelarnya Festival Nasional Musik Tradisi 2016. Acara berskala nasional ini dihadiri kontingen dari seluruh Indonesia dan akan digelar tanggal 22-23 April 2016. [SF]

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan