NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Fokus

Untuk perbaikan kinerja, BPK membutuhkan media

Selasa, 19 /04/ 2016 10:02:22 8452 Pembaca  

Gedung BPK - RI di Jakarta
Gedung BPK - RI di Jakarta

TRANS, Palu - Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Sulawesi Tengah meningkatkan kerjasama dengan media di setiap daerah setempat untuk membangun hubungan dengan publik terkait kinerja pemeriksaan keuangan.

Kepala Sekretariat BPK Perwakilan Sulawesi Tengah Zuhria di Palu, Senin, mengatakan dalam kurun waktu 15 tahun terakhir, media sangat berperan dalam proses pembentukan opini publik khususnya menyangkut kepentingan publik, pelayanan, birokrasi maupun kinerja aparatur negara.

"BPK membutuhkan media massa lokal dalam mengeksposes pemberitaan terkait kinerja BPK Perwakilan Sulawesi Tengah," katanya di hadapan belasan perwakilan media lokal dan nasional.

Pertemuan bersama media itu, BPK mendapat sejumlah masukan dari perwakilan media khususnya terhadap kemudahan media untuk mengakses hasil pemeriksaan BPK.

Selain itu juga pentingnya pemahaman kepada jurnalis atas mekanisme audit, tugas dan fungsi BPK sehingga tidak terjadi kesalahan persepsi atas sejumlah hasil audit yang dikeluarkan BPK.

Zuhria mengatakan BPK bersedia menjadi mitra media jika ada hal-hal yang dikonfirmasi terkait kinerja keuangan pemerintah daerah yang telah melalui proses pemeriksaan dan dinyatakan dapat dikonsumsi publik.

"Apa yang kami sampai ke DPRD maupun saat penyerahan dokumen pemeriksaan itu sudah boleh dipublikasi," katanya.

Dia mengatakan BPK memiliki visi dan misi untuk membantu menciptakan perbaikan kinerja keuangan negara dan daerah yang akuntabel dan transparan.

Untuk perbaikan kinerja tersebut tidak semata-mata diharapkan dari audit tetapi juga BPK membutuhkan media.

BPK Perwakilan Sulawesi Tengah mulai dibuka pada 2006 setelah sebelumnya masih menjadi wilayah pemeriksaan Perwakilan VII BPK di Makassar. Pada Januari 2009 BPK Palu berubah nama dari Kantor Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Tengah menjadi BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah.

BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah kini mengaudit 13 entitas kabupaten/kota dan satu provinsi.  [SF/Ban]

ANTARA

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan