NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Travel

Lewat Togean mengenal kemegahan alam Sulawesi Tengah

Selasa, 05 /01/ 2016 17:59:50 21391 Pembaca  

Mengagumi kemegahan alam Sulawesi Tengah lewat Togean. ©2015 Merdeka.com
Mengagumi kemegahan alam Sulawesi Tengah lewat Togean. ©2015 Merdeka.com

Pantainya yang bersih berpadu dengan hijaunya pepohonan membuat semua orang selalu betah dan berdecak kagum. Kabur dari keriuhan metropolis, sangat tepat untuk berkunjung ke Kepulauan Togean, sebuah taman nasional dengan dua area ekosistem berupa lautan seluas 292.00 hektar. Lokasinya yang terpencil dan jauh dari hiruk pikuk keramaian justru menjadi daya tarik yang memikat, khususnya bagi penikmat keindahan lanskap alam dan keragaman biota laut.

Surga Satwa dan Biota Laut
Di Kepulauan Togean dapat dilihat hutan mangrove. Di sana juga dapat ditemukan hamparan padang lamun atau nambo (seagrass bed). Padang rumput pantai ini merupakan area favorit mamalia laut, seperti dugong mencari makan. Beberapa spesies penyu langka juga hidup di padang lamun ini, seperti penyu hijau (Chelonia mygas) dan penyu sisik (Eretmochelys imbriocata). Menjorok lebih ke dalam, pesona laut Togean sangat kaya beragam spesies, seperti paus pilot, ikan pari manta, hiu karang abu-abu serta berbagai jenis karang indah dan langka.

Bukan saja alam bawah lautnya, Togean juga menyuguhkan biota darat khas Sulawesi, seperti Tangkasi, Kuskus, Rusa dan Ketam Kenari. Binatang-binatang endemik tersebut sebagian berstatus langka, lantara perburuan liar, namun di Togean masih bisa dilihat dengan bebas. Menariknya, Togean menjadi habitat 90 jenis burung dilindungi, seperti Julang Sulawei atau Alo dan Elang Bondol.

Hidangan Seafood Penambah Stamina
Supaya bisa tetap bugar selama plesir di Togean, jangan lupa untuk menikmati beragam kulinernya. Oleh karena lokasinya yang dekat dengan pantai, kekayaan bahari seperti seafood segar pun menjadi menu favorit di sana. Ikan yang kaya protein dan kalsium, dapat membantu mengembalikan stamina yang hilang, saat menyantapnya sembari melihat panorama pantai yang menakjubkan. Sebagaimana halnya daerah di Sulawesi, beragam hidangan seafood disajikan dengan sagu bukan nasi.

Melihat Bangkai Pesawat Perang Dunia Kedua
Diving menjadi kegiatan yang mengasyikkan, terlebih karangnya yang bagus berpadu dengan berbagai jenis ikan yang berwarna-warni. Pemandangan bawah laut Togean kian menarik dengan suguhan bangkai pesawat terbang pembom B24 milik Angkatan Udara Amerika. Pesawat tersebut jatuh pada Mei 1945. Sekalipun sudah lama tenggelam, tetapi bangkai pesawat ini masih bagus. Kini bangkai pesawat B25 menjadi habitat hidup terumbu karang sekaligus ikan-ikan cantik penghuni lautan Togean.

Taman Nasional Kepulauan Togean berada di Teluk Tomini di Kabupaten Tojo Una, Sulawesi Tengah. Rute dari Jakarta ke Togean adalah Jakarta-Palu dengan pesawat terbang. Kemudian, menyewa taksi bandara menuju tempat travel untuk mengantarkan ke Ampana. Jarak Palu ke Ampana sekitar 10 jam perjalanan. Untuk menuju ke Togean disambung dengan menggunakan perahu yang berangkat sekitar pukul 10.00 - 11.00 waktu setempat, setiap harinya.

Menarik bukan? Indonesia tak hanya punya destinasi wisata yang itu-itu saja. Sulawesi dengan keindahan alam dan keunikan budayanya juga menyajikan Togean, wujud kemegahan alam Sulawesi Tengah .

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan