NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Reportase

PILKADA BANGGAI : Pertarungan berlanjut ke MK

Senin, 21 /12/ 2015 14:35:11 13506 Pembaca  

Kantor MK
Kantor MK

BANGGAI - Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah hingga hari ini belum memastikan dalam menetapkan pasangan calon bupati peraih suara terbanyak di Pilkada setempat sebagai pemenang, Herwin Yatim – Mustar Labolo.

Hal ini sempat dingkapkan ketua KPUD Banggai, Irman Budahu pada malam rapat pleno terbuka rekapitulasi suara beberapa hari yang lalu.  

" Jangan salah mempresepsikan, yang kami laksanakan malam tadi bukan penetapan paslon terpilih, melainkan penetapan hasil rekapitulasi seluruh PPK.” Ungkap Irman Budahu, Jum'at, 18 Desember 2015

Diakui dalam rekap suara dari PPK di 23 kecamatan  Winstar unggul dengan perolehan 69.234 suara  disusul pasangan Mamun Amir – Batiah 61.519 suara, serta pasangan Sofhian Mile – Sukri Djalumang 51.886 suara sah.

Namun unggul dengan suara yang signifikan, paslon nomor urut tiga ini mesti lebih bersabar. Pasalnya, dua paslon lainnya masih menyatakan keberatan atas hasil suara yang diraih paslon dengan tagline WIN STAR itu, dengan tudingan dianggap sarat “money politic, dengan pola yang terstruktur, sistematis, dan masif (TSM).

Kini kedua paslon dengan nomor urut satu Sofhian Mile – Sukri Djalumang (SMILE –SUKA) dan nomor urut dua Mamun Amir – Batiah Sisilia Hadjar (Mutiara) sudah  mengajukan gugatan hingga ke meja Mahkamah Konstitusi.

Endi Biaro, tim advokasi paslon SMILE-SUKA, kepada transs membenarkan gugatan yang di ajukan  telah diterima oleh pihak MK karena dalil perkara di anggap logis untuk disidangkan, “Alhamdulillah, gugatan SMILE – SUKA juga Mutiara sudah masuk ke MK,” kata Endi.

Seperti yang dilansir website MK, disebutkan pasangan Drs. H. Makmun Amir dan Hj. Batia Sisilia Hadjar mengajukan laporan pada,  Minggu 20 Desember 2015 sekitar  14:07 WIB dengan nomor APPP 62/PAN.MK/2015.

Dan pasangan H. M. Sofhian Mile, SH, MH. dan Sukri Djalumang, S.Sos pada hari yang sama pula, Minggu 20 Desember 2015 14:30 WIB dengan nomor APPP 67/PAN.MK/2015. Kedua duanya di terima dengan pokok permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati BANGGAI Tahun 2015 [SF]

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan