NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

REGIONAL

HY Buat Pertemuan Pada Masa Tenang Pilkada

Senin, 07 /12/ 2015 00:47:29 8712 Pembaca  

Ilustrasi
Ilustrasi

PILKADA BANGGAI - Hasil laporan masyarakat, malam tadi, 6 Desember 2015 atau sekitar pukul 10.00 WITA.  Kandidat calon kepala daerah Banggai nomor urut tiga, Herwin Yatim menggelar pertemuan tertutup di Kelurahan Bakung Kecamatan Batui.

Menurut saksi mata ada sekitar 50 orang kurang lebih hadir dalam pertemuan yang di hadiri langsung Herwin Yatim .

Menempati salah satu rumah pengusaha lokal inisial RBK, kegiatan ini langsung di bidik pihak Panwascam . Abdullah Ismail, Ketua Panwascam Batui kepada Transs , membenarkan pertemuan yang dilaksanakan salah satu kandidat malam tadi. “ Iya benar, sementara PPS memverifikasi keadaan lapangan atau TKP yang dimaksud,dan Inshaa Allah besok di plenokan” kata Abdullah.

Petugas lapangan atau PPS mendasari laporan masyarakat oleh ketua Panwascam langsung dikerahkan untuk memantau pertemuan tersebut.

Terkait pertemuan yang dibuat pada masa tenang pilkada, Abdullah Ismail belum memastikan apakah ada unsur pelanggaran atau tidak, “Kita lihata dulu hasil klarifikasi dari PPS Kita, Memang kalau dilihat sekarang adalah minggu tenang tidak boleh ada pertemuan yang bersentuhan dengan politik,  hanya yang belum terpantau dalam rangka kegiatan apa itu, masih butuh data akurat dilapangan.” Ujar Abdullah

JPPR Mengingatkan

Sehari sebelumnya, ditempat yang berbeda Ketua Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz telah mewanti wanti  kondisi masa tenang yang sangat mepet

"Jadi sekarang kita punya waktu yang sangat genting di pilkada. Akan ada tiga hari masa tenang yang masa tenang itu justru kampanye yang sesungguhnya. Pasangan calon akan menguatkan tenaga untuk berkampanye di masa tenang," kata Masykurudin dalam diskusi "Pilkada Serentak Antiklimaks?" di Menteng, Jakarta, Sabtu (5/12/2015).

Dia mengingatkan pasangan calon, tim kampanye, tim sukses, dan relawan bahwa masa tenang seharusnya masa mereka mundur dari kegiatan kampanye. Pada masa tenang justru masyarakat harus diberi kesempatan mempertimbangkan siapa yang layak mereka pilih.

Namun, masa tenang berbalut kegiatan sosial, pertemuan organisasi, dan pertemuan keagamaan menurut Masykurudin sebenarnya adalah kampanye terselubung. Dengan membuat forum-forum kecil di masyarakat mereka akan berkampanye. Sehingga pengawasan dan peningkatan keamanan harus ditingkatkan.

"Sebenarnya peningkatan pengawasan dan peningkatan keamanan itu harus ditingkatkan justru di masa tenang itu. Jadi di masa tenang bukan berarti kita harus istirahat tetapi justru itu ditingkatkan aspek pengawasannya," kata Masykurudin  [SF/Md]

SIMAK : Mengendus Pertemuan HY, Besok Panwascam Gelar Pleno 

 

 

Komentar

#HEADLINE

Maruarar Sirait Minta Maaf Tak Undang Anies ke Podium Persija
BERITA TERKINI
BERITA PILIHAN

Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan