NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Gurita Raksasa “ Molokoimbu” di Selat Peleng

Transpedia Jum'at, 09 /10/ 2015 08:19:57 74573 Pembaca  

Ilustrasi
Ilustrasi

Monster laut berupa gurita raksasa bukanlah hal yang baru, gurita raksasa banyak muncul di legenda-legenda beberapa Negara seperti jepang, dan bahkan sudah menjadi bagian dari cerita rakyat dari Negara-negara.

Di perairan Selat Peling antara Kabupaten Banggai dan Kepulauan Peling, cerita gurita raksasa tidak sekedar melegenda, namun hal itu dipercaya dan masih ada. Kraken di daerah ini dikenal dengan nama “Molokoimbu”

Penampakan Molokoimbu selalu ada ketika pergantian tahun, wujud yang tak nampak namun hanya berupa bola lampu yang muncul meninggi di permukaan laut. Warga percaya lampu lampu berjarak cukup jauh itu sengaja di munculkan molokoimbu dengan menggunakan tentakelnya.

Menurut warga yang berprofesi sebagai pelaut, Molokoimbu dipercaya suka mengganggu pelayaran yang melanggar kepercayaan setempat. Ada unsur “Pamali” misalnya Ketika berada di laut, entah itu sedang memancing atau dalam perjalanan menyeberang pulau jangan coba coba menyebut, memanggil apalagi memplesetkan kata “Molokoimbu”, jika itu dilanggar maka mahluk ini bakal menerbalikan kapal dengan cara menjerat badan kapal dengan tentakel raksasa mereka.

“Believe or not” Molokoimbu atau gurita raksasa selalu ada disetiap pergantian tahun, beberapa warga Desa Abason Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan mereka mengaku sering menyaksikan hal itu dari pesisir pantai. “ Dari kejauhan ada rangkaian lampu menyala sekitar empat atau Sembilan membentuk sudut sudut bujur sangkar, dan lampu itu berasal dari ujung tentakel Molokoimbu,” ujar Afly warga setempat.

Sedangkan dieropa,  Salah satu dari kisah gurita raksasa itu adalah “legenda Kraken”. Puisi buatan tennyson didasarkan oleh monster laut yang legendaris yang pernah terlihat di pesisir Norwegia dan iceland. Bedasarkan laporan dari pelaut, kraken adalah mahluk yang memiliki ukuran yang luar biasa yang bisa saja menyerang kapal. Dengan menjerat badan kapal dengan tentakelnya. Mungkin saat ini kraken disebut sebagai gurita raksasa. Legenda kraken bersumber dari laporan pelaut perancis dimana kapalnya diserang ketika kapal mereka sedang bertolak dari pesisir angola.

masih banyak cerita lain tentang Molokimbu atau gurita raksasa, salah satunya dari bahama. Oleh penduduk setempat disebut dengan Lusca. Lusca adalah mahluk yang dilihat oleh penduduk bahama untuk waktu beberapa tahun. [IRF]

 

 


 
BERITA TERKINI

#HEADLINE


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan