NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

ESDM: Harga Solar Turun karena Efisiensi Pertamina

Aksi Korporasi Kamis, 08 /10/ 2015 04:15:28 73320 Pembaca  

Ilustrasi solar (Istimewa)
Ilustrasi solar (Istimewa)

Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar subsidi berkat efisiensi yang dilakukan oleh PT Pertamina (persero).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM IGN Wiratmaja mengatakan harga BBM jenis Solar turun Rp 200 per liter bukan karena pemangkasan atau penghapusan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB). "Bukan karena pengurangan pajak. Tapi karena efisiensi yang dilakukan Pertamina," kata Wiratmaja ditemui di DPR, Rabu (7/10).

Wiratmaja menuturkan, kedua pajak itu merupakan komponen dalam formula penghitungan harga BBM. Dia menyebut pajak-pajak tersebut sudah diusulkan untuk direvisi. Namun usulan tersebut masih dikaji oleh tim. Oleh sebab itu, revisi besaran pajak atau penghapusan pajak tersebut tidak bisa dilakukan dalam waktu pendek. Lebih lanjut Wiratmaja menegaskan, Pertamina tidak mengalami kerugian dengan menyalurkan solar subsidi dengan harga Rp 6.700 per liter.

"Masih ada delta positif (buat solar)," ujarnya.

Harga baru solar subsidi tersebut diumumkan oleh pemerintah yang merupakan bagian dari paket kebijakan ekonomi. Harga solar Rp 6.700 per liter mulai berlaku tiga hari mendatang.

Investor Daily

Rangga Prakoso/PCN

Investor Daily

 

 

HEADLINE


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan