NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Reportase

Duh, Iki Piye ? Krisis Pupuk, Pak Roni Malah Ngaku Punya Kelebihan

Rabu, 23 /09/ 2015 04:02:45 22830 Pembaca  

Seolah sangat berkuasa penuh pada asset bangunan pemerintah, Toni Tiu yang sudah pensiun dari PNS Dinas Perikanan dan Kelautan Banggai seenaknya menyimpan pupuk di bangunan balai benih milik pemerintah.
Seolah sangat berkuasa penuh pada asset bangunan pemerintah, Toni Tiu yang sudah pensiun dari PNS Dinas Perikanan dan Kelautan Banggai seenaknya menyimpan pupuk di bangunan balai benih milik pemerintah.

BANGGAI - Baru sepekan usai TNI melakukan penahanan 7,5 ton pupuk di wilayah kecamatan Toili dan Moilong pada selasa pekan lalu, Senin malam kemarin (21/092015), salah satu pensiunan PNS pegawai perikanan dan kelautan Banggai di dapati punya kelebihan pupuk yang disimpan di salah satu bangunan balai benih perikanan di Desa Sidomukti Kecamatan Moilong.

Ia adalah Roni Tiu, dirinya  mengaku sebagai bapak angkat bagi para petani yang menggarap sawah seluas 25 Hektar. Dirinya bukanlah ketua kelompok atau tim penyusun RDKK namun fungsi sebagai bapak angkat oleh petani  setempat, hingga dirinya bisa menampung pupuk. “Saya bapak angkat mereka, dan ditunjuk secara lisan”, Kata Toni kepada Trans, Senin (21/092015).

Didapati sekitar 20 puluhan lebih sak pupuk di salah satu ruang perkantoran balai benih perikanan,  Roni mengaku itu kelebihan dari 10 Ton pupuk yang baru diangkutnya dari distributor.  Inisiatif memilih bangunan dinas perikanan dan kelautan adalah kemauan sendiri Toni. “Saya mantan dari dinas perikanan, dan bukan atas izin siapa siapa saya menyimpan pupuk disitu.”

“Saya tidak punya gudang penyimpanan, kalau disimpan dalam gudang penggilingan bisa mempengaruhi bau beras dalam gudang, “ Terang Roni yang juga pemilik usaha penggilingan

Walau sempat mengakui  telah terjadi krisis pupuk bagi para petani di Kecamatan Moilong , namun Roni juga tidak menyangkali sebagai pemilik sawah seluas 6 Ha dari 25 Hektar yang diakomodirnya, dirinya juga bisa memiliki kelebihan pupuk.

Bangunan yang persis berada ditengah persawahan memang sangat rawan untuk dijadikan tempat penimbunan, pasalnya untuk mencapai lokasi tersebut kita mesti jauh masuk keareal tengah persawahan warga. Namun, Toni meyakinkan pula bahwa sisa pupuk bukanlah penimbunan itu hanya karena persoalan bapak angkat. Jelas Toni  [ADJIE/AB

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan