NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Regional

Ini Hasil Survei Sementara Pilkada Banggai Menurut MSI

Rabu, 02 /09/ 2015 21:02:51 11152 Pembaca  

Konfrensi Pers survey versi MSI di Kafe Deho Luwuk
Konfrensi Pers survey versi MSI di Kafe Deho Luwuk

PILKADA BANGGAI - Tiga bulan jelang Pilkada Banggai, Sulawesi Tengah, Media Survei Indonesia (MSI) menggelar konferensi pers bertajuk “Hasil Survei Perilaku Pemilih pada Pilkada Kabupaten Banggai Tahun 2015”, di Café Deho Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah (2/9/2015). Dalam survei terbarunya , MSI menyatakan pasangan Ma’mun Amir-Batia Sisilia Hadjar unggul sementara dari dua pasangan incumbent.

“Ma’mun-Batia didukung 38,1%, Sofhian Mile-Sukri Djalumang 22,5% dan Herwin Yatim-Mustar Labolo 14,9%, masih ada undecided votters sebanyak 24,5 persen,” ujar Asep Rohmatullah, Direktur MSI.

Menurut Asep, dukungan terhadap Ma’mun-Batia ini hampir merata di semua segmentasi pemilih berdasarkan gender, agama, suku, pekerjaan, pendidikan dan partai. “Pemilih agama Islam, Protestan dan Hindu terindentifikasi mendukung paslon ini,” lanjutnya.

Sementara segmen pemilih Suku, Ma’mun Batia unggul di pemilih Suku Saluan, Jawa, Bali, Balantak, Bugis, Banggai, Bali, Kaili dan Toili. “Khusus untuk pemilih suku Saluan dan Bugis angka dukungannya sebesar 37.3% dan 36.2%,” tambah Asep.

Pada pemilih partai, Ma’mun-Batia didukung oleh pemilih Partai Golkar, NasDem, PKS, PKB, PPP, PDIP dan Gerindra. “Menariknya, grassroot PDIP dan Gerindra juga lebih banyak mendukung paslon ini. Terlihat dukungan suara elit pada kedua paslon lain tak berbanding lurus dengan suara akar rumput,” kata Asep.

Pasangan Sofhian-Sukri sendiri justru bisa mengambil dukungan pemilih Demokrat yang notabane nya pengusung Herwin-Mustar. Sebaliknya, Herwin-Mustar didukung secara mayoritas oleh pemilih PAN, Hanura dan PBB.

Pada periode survei Agustus 2015, tingkat popularitas semua kandidat Bupati sudah di atas 90%. Sofhian Mile dikenal 95%, Herwin Yatim 93,3% dan Ma’mun Amir 93 persen. Sedangkan untuk pengenalan calon Wakil Bupati, Sukri Djalumang 82,4%, Batia Sisilia Hadjar 81,5%, serta Mustar Labolo 75,7%. “Popularitas Ma’mun-Batia paling efektif dibanding kandidat lainnya, karena pasangan kandidat ini lebih banyak disukai,” ujar Asep

Sedangkan publik yang mengaku puas terhadap Sofhian Mile dan Herwin Yatim masing-masing 49,7% dan 47.4%. “Angka kepuasan publik terhadap kinerja incumbent di bawah 50% ini tergolong masih rendah,” kata Asep. Rendahnya kepuasan terhadap Bupati & Wakil Bupati ini dikarenakan 10 dari 17 indikator kinerja yang dievaluasi di bawah angka 50 persen. “Bahkan, untuk penyelesaian masalah Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) dinilai paling rendah,” tambah Asep. [Eno]

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan