NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Berburu Kerang Saat Air Laut Surut

REGIONAL Rabu, 12 /08/ 2015 19:18:38 49861 Pembaca  

Sejumlah warga mencari kerang saat air laut mengaami pasang surut (foto:Irfan/Transs)
Sejumlah warga mencari kerang saat air laut mengaami pasang surut (foto:Irfan/Transs)

BANGGAI - Surutnya air laut di pesisir pantai dimanpaatkan sejumlah warga pesisir  untuk melakukan aktivitas mencari kerang laut yang terhampar di tepian pantai. Seperti halnya yang di lakukan sejumlah warga Desa Tg Tuwis Kecamatan Luwuk Selatan, yang hampir setiap sore atau pagi hari mereka mencari kerang tersebut.

Memunguti kerang laut yang di lakukan oleh sejumlah warga, jadi makan khas yang lezat dengan masakan santan kental atau saus pedas, namun mencari kerang yang mereka lakukan di pinggiran pantai tersebut hanya bisa ada ketka air laut menglami pasang surut besar.

Uniknya lagi Kerang-kerang yang mereka kumpulkan tersebut tidak untuk di jual, tapi kerang kerang yang memiliki nama khas daerah seperti lonsuit,bakalang, juga kima jadi menu yang lezat untuk makan malam keluarga.

Seperti  yang dikatakan salah seorang warga, Rindo (45), kepada Transs, Rabu(12/07), saat sedang melakukan aktivitasnya mencari kerang di tepian pantai Km 8 Luwuk, “setiap air laut surut, kami warga yang rumahnya berada di tepian pantai pasti turun ke pantai untuk mencari kerang," kata Rindo.

Masih kata Rindo, kerang-kerang yang dikumpulkan tersebut hanya untuk di konsumsi sendiri.  Beda hal nya Nenek Ija (63), salah satu warga yang sering mencari kerang di kala air laut surut.

Dengan memungut kerang yang berada di tepian pantai seperti sekarang ini dirinya merasa di untungkan. “Kalau saya punya, Lonsuit saya jual, tapi ada sisa buat saya masak sendiri, kalu di jual lumayan buat menambah uang belanja," tutur Nenek Ijah.[SF]


 

#HEADLINE

Kuasa Hukum Ny. Berkah Al Bakar Minta Eksekusi di Tanjung Dilanjutkan
BERITA TERKINI
BERITA PILIHAN

Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan